Manfaat Game

Mulai bosan dengan yang namanya GAME, susah untuk menghilangkan kebiasaan yang satu ini. Banyak hal yang didapat banyak pula hal kecil yang merugikan diri sendiri. Contoh kurangnya perhatian terhadap keluarga, tidak perhatikan kesehatan badan, mata mulai memakai yang namanya kacamata besar hingga softlens yang sedang ngetrend belakangan ini. Tapi hal Positif dari bermain game bisa menghilangkan kejenuhan dengan aktifitas sehari-hari yang mungkin udah sumpek, mumet, bawaan stres. Apa maanfaat main game yah ?? mungkin temen-temen ada yang tau. Jadi saya sedikit angkat bicara tentang manfaat bermain game. Beberapa peneliti dari University of Rochester di New York, Amerika melakukan riset mengenai pengaruh positif dari bermain game.
Dalam riset tersebut, para gamers usia antara 18 hingga 23 tahun dibagi menjadi dua kelompok.
Yang pertama, adalah gamer yang dilatih dengan game Medal of Honor (Sebuah game FPS yang cukup terkenal). Mereka main game ini satu jam tiap hari selama sepuluh hari berturut-turut.Hasil penelitian menyebutkan bahwa para pemain game ini memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali.
Gamer-gamer ini juga mampu menguasai beberapa hal dalam waktu yang sama atau multitasking bahasa kerennya.

“Video game bergenre action itu menguntungkan, dan ini adalah fakta” kata Daphne Bavelier, ahli syaraf dari Rochester.
“Hasil penelitian kami ini juga sangat mengejutkan karena proses belajar lewat main game ternyata cepat diserap seseorang. Dengan kata lain, game dapat membantu melatih orang orang yang memiliki problem dalam berkonsentrasi” tegas Bavelier.

Sementara itu, penelitian untuk kelompok kedua adalah kelompok gamer yang dilatih dengan Tetris. Tak seperti gamer medal of honor, gamer Tetris hanya berfokus pada satu hal pada satu waktu.
Menurut C. Shawn, rekan Bavelier, kesimpulan dari test ini adalah bahwa mereka yang main Medal of Honor mengalami peningkatan dalam visual skill (atau penglihatan).
Bermacam-macam tugas/quest yang terdapat dalam game action (misalnya mendeteksi musuh baru, melacak musuh, menghindari serangan, dll) dapat melatih berbagai aspek dari kemampuan visualisasi terhadap kurikulum Sekolah. Menurut Professor Angela McFarlane, Direktur Teachers Evaluating Educational Multimedia, “guru-guru mengalami kesulitan untuk memanfaatkan game pada saat jam pelajaran sekolah karena penggunaan video game tidak termasuk dalam kurikulum nasional”

McFarlane menambahkan bahwa, seandainya, game-game tertentu dapat dimainkan di dalam kelas secara legal dan merupakan bagian dari kurikulum, mungkin bukti dari penelitian para ahli tentang manfaat video game dapat dirasakan. Murid murid yang memainkan game Battle of Hasting (game perang antara Normandia dan Saxon di Hasting) , di mana mereka berperan sebagai prajurit ataupun jendral dalam game tersebut, juga memberikan manfaat bagi para pemainnya.
Penelitian menunjukkan bahwa Game ini membantu meningkatkan skill dalam bernegosiasi, mengambil keputusan, ataupun melakukan perencanaan, dan berpikir strategis. Jadi intinya kita ngenet/main game tiap hari itu ada untungnya, bisa menambah daya ingat / IQ yang mungkin bisa bertambah bila kita melakukan aktifitas ngenet/main game.

Jadi untuk temen-temen mungkin kegiatan bermain game bisa dibatasi dengan adanya aktifitas lain. Jangan sampe anda main lupa waktu bisa-bisa kurangnya perhatian terhadap sekitar, lupa waktu, kesehatan terganggu.

sekian dan terima kasih.

Advertisements